Rabu, 29 Desember 2010

TAHUN BARUAN DI RUMAH POHON, Taman Dayu Pasuruan

     Tahun baru 2008 kami bertiga sekeluarga bermalam di rumah pohon, di "The Pines" komplek Taman Dayu, Pasuruan Jatim. 


The Pines, Taman Dayu

Kompleks Taman dayu sekitar 1,5 jam perjalanan dari Surabaya.  Setelah melewati Porong, terus arah ke Malang.  Kemudian kita sampai di perempatan, dimana kalau lurus ke Malang, ke kiri kota pasuruan, dan jika ke kanan jalan keTretes.  Kita lurus saja dan kurang lebih sekitar 2 km, terlihat pintu masuk ke Taman Dayu di sebelah kanan jalan. Kita belok kanan masuk ke dalam komplek, melewati resto cepat saji KFC dan pertokoan di kanan nya. Masuk ke dalam kita akan bertemu food court yang berada di kanan jalan dan dikiri jalannya kantor pemasaran Taman dayu.



Jajan dulu di Food Court Taman Dayu


Jalan masuk ke kompleks Taman Dayu

Untuk menuju ke "The Pines" kita melewati perumahan Taman Dayu yang dikelola oleh group Ciputra. Terus ke dalam sehingga sampai di Water Boom Taman Dayu. Setelah Water Boom kita melewati padang Golf yang berada di ujung perumahan.
Dari Padang golf ini, kita menuju ke jalan kecil yang menanjak ke atas bukit. Di bukit inilah letaknya hutan pinus "The Pines".
Di The Pines, kita bisa melakukan berbagai kegiatan out door, seperti Penginapan di rumah pohon, camping ground, sewa AVP serta out bond yang berada tinggi di pohon2 pinus.



Out bond di pucuk2 Pinus yang tinggi

     Setelah melewati pos penjagaan, mobil saya parkir di parkiran tanah yang luas. Kemudian kami membawa turun barang2 bawaan dan melapor ke kantornya yang berada tidak jauh dari situ. 



Pos penjagaan satpam di The Pines


Lapangan parkir yang luas


Kantor The Pines

Di kantor ini kami mendaftar, dan diberikan kunci serta voucher serta diinformasikan bahwa nanti sebelum tengah malam pukul 00, oleh pihak pengelola akan di adakan acara kambing guling, api unggun dan musik serta pembagian door price. kami diminta untuk dapat berpartisipasi.

     Kemudian kami di antar menuju ke rumah pohon yang sudah kami pilih sebelumnya.  Rumah pohonnya berada di ketinggian sekitar 3 m di atas pohon pinus. Terbuat dari kayu dan beratap rumbia. Ada tangga naiknya, dan setelah kami masuk ruangannya cukup lega untuk kami ber tiga. Luasnya sekitar 6 x 4 m, berlantai kayu dan ada sebuah panggung kayu yang digunakan untuk duduk dan tidur. Beralas bantal2 matras. Hanya 1 ruangan tanpa sekat dan tidak ada kamar mandinya. Jika ingin ke kamar kecil, harus turun dan ke toilet umum yang menjadi satu dengan rumah pohon lain serta yang kemping.



Rumah pohon tempat kami menginap



Tenda2 di antara pepohonan Pinus


Rumah2 pohon



Kami segera menyusun barang2, beristirahat dan duduk2 di teras. Terlihat rombongan2 yang menginap di rumah pohon sudah datang, dan banyak juga orang yang kemping.  Menjelang malam, setelah mandi, kami masak indo mie dengan kompor parafin. Dan makan di teras sambil memandang rombongan dan tenda2 kemping.

Duduk santai di teras rumah pohon, mempersiapkan makanan


Masak air panas dengan kompor parafin


 Mie instant, siap untuk disantap

     Menjelang tengah malam kami sudah dipanggil untuk makan malam, yang disediakan pengelola. Makan malam prasmanan ramai2 lesehan di sebuah pendopo yang ada di situ.


Lesehan, menyantap makan malam

Setelah makan malam, kami menonton pertunjukan yang diadakan panitia. Sebuah cerita lucu, dengan setting di atas tali out bond yang berada di puncak2 pinus. Padahal sudah tengah malam dan gelap lho ?? Di selingi oleh pembagian door price bagi yang menginap, berupa : voucher2 berenang di water Boom, menginap di taman dayu serta voucher menginap di tree house kembali. 


Menonton acara, sambil ngemil kambing guling

Kami mendapat voucher berenang di water boom serta voucher discount ke Taman safari pandaan.  Sementara kambing guling juga bisa kita nikmati berikut bandrek, serta kacang dan jagung bakar. Terompet dan topi juga dibagikan gratis.


Kalau yang ini, makan jagung bakar

Kemudian, tepat menjelang tengah malam kami semua di ajak berkumpul di lapangan, mengelilingi tumpukan kayu yang akan dijadikan api unggun. Dan setelah aba2 hitung mundur, api unggun pun dinyalakan diikuti suara sorak sorai, tiupan terompet dan luncuran kembang api yang berseliweran. Ternyata panitia sudah menaruh peluncur kembang apinya di balik pohon2.


Puncak acara tahun baru, jam 00.00, api unggun !!

Acara dilanjutkan dengan music dan joget seluruh peserta. Kami sempat menonton sebentar, tapi karena Prity sudah capek dan mengantuk, kami pun balik ke rumah pohon untuk istirahat.



Prity, bergaya meniup trompet

Keesokan harinya kami jalan2 terlebih dahulu, memakai voucher yang kemarin malam kami menangkan. Mula2 kami berenang gratis di Taman dayu Water Boom, kemudian siangnya kami jalan2 ke Taman safari Pandaan. Sorenya kami balik ke Surabaya dengan tubuh letih dan mengantuk. Namun pengalaman tahun baru yang menyenangkan.


Di water Boom Taman Dayu


Taman safari 2, Pandaan Jatim

15 komentar:

  1. Sehari harga sewa rumah pohon berapa pak Cecep? Reportasenya sangat menarik pak Cecep. Bisa saya jadikan referensi liburan bersama keluarga..

    BalasHapus
  2. Terima Kasih sudah mampir ke blog saya mas Dudung...
    Waktu itu biayanya kalo nggak salah Rp 450.000. Tapi itu sudah termasuk paket malam tahun barunya.

    Mampir juga ke blog saya yang lain : http://cecepasianasiantaraii.blogspot.com. Thank yu

    BalasHapus
  3. To Mas Dudung : Telp Taman Dayu : 034-3641788

    BalasHapus
  4. yuk saling berbagi tempat wisata murah meriah dengan sesama hobi petualang lainnya ...

    BalasHapus
  5. maaf pak CECEP ASIANA SIANTARA,salam kenal aja..coba sekali-kali liburan keluar kota pak..coba lihat blog saya ini pak..Rumahpohonairdinginlubukminturun.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal pak Novri..... wah bagus sekali idenya pak.....

      Hapus
  6. siang gan salam kenal :)
    wah asyik skali yah liburan ke rumah pohon :)
    oiya gan btw agan punya info jual rumah purwokerto yang unik, dinamis dan elegan serta asri gtu ?
    maksh :)

    BalasHapus
  7. Cuma dtg foto tanpa nginap bisa ?

    BalasHapus
  8. 1 rumah pohon bisa untuk berapa orang?

    BalasHapus

  9. No house in Serang unique. Yes, his name is the forest home. Have we ever imagined, that the forest is a place that is convenient for us
    bandar togel sgp yang paling aman

    BalasHapus
  10. Numpang lapak gan
    Di jual tanah 22 ha
    Harga 400rbu/mtr
    Area gersik jatim
    Shm
    Cocok untuk Perumahan
    Karna deket sekali dengan fasilitas
    Contact
    AndriEVR
    082245064272

    BalasHapus
  11. bisa minta koordinat lokasinya gan..?

    BalasHapus