Kamis, 30 Desember 2010

GARUT, Jawa barat

Jika mendengar kata GARUT, mungkin yang terbayang di benak kita adalah DODOL GARUT.  Karena memang kota Garut ini terkenal dengan produksi Dodol nya.
Kota Garut berada sekitar 1 jam dari Bandung. Kalau dari jakarta, kita melewati tol Padalarang terus sehingga keluar di gerbang Tol Cileunyi. Kemudian mengikuti petunjuk arah ke Tasikmalaya.
Setelah melewati  pendakian (penurunan ?) NAGREK yang legendaris, tak lama kita akan melihat petunjuk arah ke kota Garut, Kita mengambil arah kanan dan terus saja menyusuri jalan tsb kita akan sampai di kota Garut.

Salah satu penginapan yang berada di Cipanas

Sepulang dari acara reuni teman kuliah (Gallans) menginap di KOTA BUNGA puncak, kami menuju Garut melalui Cianjur.  Jadi dari Puncak, langsung menuju arah Bandung dan terus ke Garut.
Kali ini kami merencanakan liburan di daerah Cipanas Garut. Cipanas ada di kaki gunung Guntur (gunungnya botak), daerah berhawa dingin dan banyak sumber air panasnya.

Jalan di Cipanas

Mengikuti jalan yang tadi, sebelum memasuki kota Garut, setelah rumah makan Cibiuk, kita ambil jalan ke kanan (ada petunjuk jalannya). Tak lama sampailah kita di Cipanas. Saat itu kami merencanakan menginap di resort SUMBER ALAM.

Kampung Sumber Alam, Cipanas - Garut

SUMBER ALAM merupakan cottage yang cukup representative. Dahulu resort ini merupakan tempat pemulihan dan peristirahatan bagi pasien fisioteraphy. Namun dalam perjalanannya, sekarang dijadikan resort dan penginapan.

Lobby depan resort Sumber alam

Cottagenya bagus, yang terdiri dari beberapa type :
1) Babakan Siluhur, khusus keluarga besar yang butuh 3 bungalow dalam 1 lokasi (rate week end 7 jt an)
2) Suite Arileu/suite room, 2 lantai dengan 2 kamar tidur(rate 1,8 jt)
3) Junior sute, beda dengan suite room hanya tempat tidurnya single (rate 1,5 jt)
4) Bungalow Arileu, hampir sama dengan suite room (rate 1,5 jt)
5) Bungalow, 1 lantai, 1 kamar dengan private teras (rate 800 rb)
6) Pondok kelapa, (rate 600 rb)

Cottage, kolam air panas dan pegunungan

Karena hanya ber tiga, kami mengambil yang type bungalow, yang cottagenya terletak dekat kolam renang air panas Tasikmadu.  Kamarnya juga cukup luas, dengan ruang tidur, teras dan kamar mandi. Cottagenya berada di atas air, sehingga duduk di teras langsung kelihatan kolamnya. Namun kolamnya adalah kolam air panas lengkap dengan lumut2nya, sehingga sedikit sekali ikan di dalamnya.
Kamar mandi setengah terbuka bagian atasnya. Bak mandinya besar, seperti kolam kecil, sehingga Prity kegirangan melihatnya. Air yang mengalir ke bak ini juga air panas, sehingga kita bisa berendam air panas dengan leluasa.

Kolam air panas di kamar mandi cottage

Setelah makan siang dengan sambal dan lauk dari resto Cibiuk yang sudah kami beli sebelumnya, kamipun beristirahat.  Sorenya, kami menuju kolam renang air panas yang tepat berada di depan cottage. Airnya lumayan panas, apalagi jika kita memasukkan wajah dan kepala ke dalam air.

Kolam renang air panas Tasikmadu

Prity di kolam renang

Bermain air di kolam air panas Tasik madu

Kami mandi2 dan berenang sekitar 1/2 jam saja. Kemudian balik ke Cottage untuk istirahat. Malam itu kami tidur dengan nyenyak.

Di dalam cottage

Paginya, kami menuju ruang sarapan yang terletak di resto belakang, Menu sarapannya seperti di hotel berbintang dan banyak pilihan.
Setelah sarapan, kami berkeliling ke seluruh resort SUMBER ALAM ini, tempatnya luas dan ditata apik, dengan cotagge dan kolam2 yang menyatu apik.

Jembatan di atas kolam teratai

Cottage, kolam teratai dan pegunungan

Cottage type Bungalow

Berfoto2 di depan cottage

Teras private di depan cottage

Kemudian kami berjalan2 keluar hotel, menyusuri jalan menuju ke kolam air panas umum. Kemudian sarapan hucap dengan lontong. Beberapa kusir delman yang mangkal di dekat hotel menawari kami untuk naik delman keliling2. Tapi kami kurang tertarik.

Halaman depan Sumber Alam Resort

Kolam renang air panas umum Cipanas

Akhirnya kami kembali ke cottage dan bersantai2 sambil mengulang berendam air panas di dalam kolam kecil di kamar mandi. Setelah  makan siang, kamipun chek out dan balik menuju jakarta.