Kamis, 16 Desember 2010

LOVE INDONESIA

     Indonesia adalah negara yang sangat kaya dengan beragam budaya dan keindahan alam. Berbagai daerah di Indonesia mempunyai keunikan dan kekhasan masing2. Karena senang travel, baik karena sengaja melakukan kunjungan wisata, ataupun saat kunjungan karena pekerjaan, saya selalu berusaha mengunjungi tempat2 wisata yang ada di berbagai daerah yang saya kunjungi.

Nantinya secara lengkap, satu persatu saya akan mengisahkan perjalanan saya tersebut dalam entri lain blog saya ini.
Daerah di Indonesia yang telah pernah saya kunjungi antara lain :

SUMATERA UTARA

     Berhubung saya lahir dan besar di P Siantar, maka daerah2 wisata di daerah Sumatera Utara yang saya ingat pernah saya kunjungi sewaktu kecil dulu antara lain :

   1. PARAPAT - DANAU TOBA, Parapat adalah kota wisata di tepian danau Toba. Dari Parapat kita bisa menyebrang dengan kapal ke pulau Samosir menuju Tomok (makam raja Sidabutar) dan Tuk2. Bisa dengan kapal wisata, kapal speed boat ataupun kapal ferry (sekalian mobilnya). Di Parapat kita bisa makan mangga Parapat yang kecil2 dan manis.

   2. AIR TERJUN TONGGING, berada di jalur antara Prapat dan Berastagi. Dari atas kita bisa melihat air terjun tongging yang tinggi mencurahkan airnya ke Danau Toba. Kabarnya saat ini ada tempat wisata baru di sini (Taman Simalem Merek)

   3. BERASTAGI, ibu kota kabupaten Karo. Kota wisata berhawa dingin. Disini kita bisa naik kuda atau berbelanja buah2an segar serta sayur2 an.

   4. DEWI, tempat wisata yang berada antara medan dengan berastagi. Setiap libur lebaran kami sekeluarga sering main ke sini. Dahulu seingat saya merupakan tempat wisata yang berupa lapangan luas terbuka dengan patung2 cantik dan ada kolam renangnya. Saat ini kabarnya sudah menjadi wahana wisata besar.

   5. PANTAI CERMIN, wisata pantai sambil sewa perahu.

Insya Allah, dalam waktu dekat (estimasi Des 2014), kami sekeluarga merencanakan liburan ke Sumatera Utara. Sekalian agar istri dan anak bisa melihat tempat kelahiran papahnya. Dan melihat keindahan danau Toba yang kesohor.


SUMATERA BARAT

     Dikenal juga dengan nama Ranah Minang dengan ibu kotanya Padang. Daerah Sumatera Barat ini landscape wilayahnya lengkap dan indah. Tempat2 wisatanya antara lain :

    1. KOTA PADANG, di kota Padang tempat wisata kotanya adalah kota tua pondok, dengan jembatan Siti Nurbayanya. juga pantai Padang yang disebut penduduk lokal dengan pantai Muaro. banyak tempat wisata pantai di kota Padang, seperti : pantai Pasir Jambak, pantai Caroline dan pantai Bungus. Juga ada pulau indah Sikuai.
Oleh2 nya kerupuk sanjai dan cemilan "Christine Hakim", "tukang gigi", dan

My memory car @ pantai Caroline Padang


@ Pantai Caroline Padang


    2. KOTA BUKIT TINGGI, merupakan tujuan wisata utama di Sumatera Barat. Kota berhawa dingin, dengan ikon jam gadang. Di kota Bukit tinggi kita bisa mengunjungi Ngarai Sianok, lubang/gua Jepang, Benteng Van De Cock dan kebun binatang dengan jembatan Limpapehnya.
Kota Bukit Tinggi di apit 2 gunung. Gunung Singgalang dan Gunung Merapi. Di kota ini juga banyak wisata kuliner seperti : Nasi kapau, gulai itik, rendang belut dll, juga cemilan semacam kerupuk Sanjai berasal dari sini.

    3. KOTA PAYAKUMBUH, kota ini terletak di kab 50 kota, sekitar 30 menit dari Bukit Tinggi arah ke Pekan Baru. Wisata kuliner terkenal dari kota ini adalah : Gelamai (semacam dodol), bareh randang, batiah, serta sate Dangung dangung.
Tempat wisatanya Ngalau (gua) yang terletak dipingggir kota serta Lembah Harau. Lembah Harau adalah lembah yang dikelilingi tebing2 bukit yang indah. Mirip tebing2 Grand Canyon, namun dalam skala kecil. Di lembah harau ada beberapa air terjun yang indah.


    Secuil pemandangan di Lembah harau



    4. WISATA DANAU, ada 3 danau utama di Sumatera Barat. Yang terbesar adalah :

- DANAU SINGKARAK, terletak antara kota Padang panjang dengan Solok, terkenal dengan ikan endemik, ikan bilih dan rinuak.
- DANAU MANINJAU dengan kelok 44 (Ampek puluah ampek) nya. Di danau Maninjau, di daerah berbukit puncak lawang kita bisa melakukan terbang layang (Parasailing) dan turun di danau.
- DANAU KEMBAR ( Danau di atas dan danau di bawah) yang terletak di daerah berhawa dingin arah ke Muara Labuh di Solok Selatan, di daerah ini ada kebun teh dan oleh2 markisah.

    5. LEMBAH ANAI, berada di jalur Padang  - Bukit Tinggi. Merupakan wilayah hutan lindung lembah anai yang dilengkapi air terjun yang indah tepat ditepi jalan. jalan sepanjang lembah Anai sangat indah, jalan raya mulus membelah hutan di dalam lembah dengan sungai jernih di sepanjang jalan. Juga pemandangan jembatan kereta api yang melintas sungai dan lembah.


      Air terjun lembah Anai

    6. PULAU SIKUAI, merupakan pulau indah di depan kota Padang. Untuk menuju ke Pulau ini bisa dengan naik kapal dari dermaga Bungus. dahulu Pulau ini dikelola oleh group Pusako, sekarang dikelola warga asing (kalau tidak salah oleh warga Perancis). Pulau ini tidak ada penduduk aslinya. Ada cottage2 untuk penginapan, restoran dan kolam renang. mengelilingi pulau di buat semacam jalan dan jembatan yang bisa dipakai bersepeda. Juga bisa mendaki bukit untuk melihat pulau dari ketinggian. Air laut di sini jernih dan tidak berombak (sisi cottage).

   7. KOTA PAINAN, terletak arah Selatan kota padang. Disini ada Jembatan akar, yaitu sebuah jembatan yang terbuat dari jalinan2 akar pohon. Mungkin hanya ada 1 di dunia.
Kota Painan sendiri merupakan kota pantai. dari sebuah bukit di kota Painan juga ada tempat parasailing yang turunnya di tepi pantai.

    8. KOTA BATU SANGKAR, terletak di kabupaten Tanah Datar. Jangan terkecoh dengan nama Tanah datar, justru daerah ini paling banyak bukit2 nya. Objek wisata terkenal adalah Istana Pagaruyung. Sebuah Istana besar yang terletak di pinggir tebing. Informasi istana Pagaruyung ini terbakar. saya tidak tahu keberadaan nya saat ini.

    9. KOTA SUNGAI PENUH, sebenarnya masuk provinsi jambi. namun karena geografisnya yang dekat dengan Sumatera Barat, perekonomian dan kedekatannya lebih ke Sumatera Barat. Menuju kota Sungai Penuh melewati hutan dan jalan2 berjurang. Lewat di kaki gunung Kerinci yang ditumbuhi kebun2 teh. Banyak tempat2 pemandian air panas di daerah Siulak (menjelang sungai penuh). Di sungai penuh sendiri ada sebuah danau yang tiap tahun diadakan festival danau. Kotanya berhawa dingin dan tenang.

    10. MUARO SIJUNJUNG, tempat wisata yang ingin saya ceritakan adalah sebuah gua indah di daerah Tanggalo Sijunjung. Di sebut gua Tanggalo. Karena di daerah ini banyak bukit2 karst, sehingga banyak gua disini. Yang paling bagus adalah gua Tanggalo ini.
Dahulu goa ini bukan merupakan tempat wisata umum. Saya berkunjung dalam rangka kegiatan Caving (penelusuran gua) yang diadakan kelompok cinta alam KOMMA di kampus saya. Kami sempat memetakan gua tersebut sehingga harus bermalam di dalam gua. Stalaktit dan stalakmitnya sangatlah indah.



RIAU, PEKAN BARU

    Saya kurang tahu pasti tempat wisata di daerah Riau ini. Dahulu orang Riau yang banyak berasal dari Sumatera Barat berwisatanya justru ke Sumatera Barat.
Kota Pekan Baru sendiri sebagai ibu kota povinsi Riau dikenal sebagai kota minyak karena dahulu perusahaan Caltex beroperasi disini. Kotanya berhawa panas, dan terakhir yang saya tahu kota ini giat membangun sehingga kami menyebutnya kota 1000 ruko. Oleh2 terkenal dari Pekan baru adalah nenas dan lempuk (dodol) durian.
Kota Pekan Baru dibelah oleh sungai siak. Sungai ini merupakan jalur transportasi utama juga untuk menuju ke beberapa kota2 kecil serta menuju Riau kepulauan. Dahulu saya pernah naik kapal cepat dari pelabuhan sungai di kota Pekan Baru menuju ke pulau Bengkalis, Riau kepulauan.
Kota lain di Riau adalah Duri, merupakan pusat pengeboran minyak Caltex. Dahulu kota ini panas, berdebu dan semrawut. Kemudian kota Dumai, terletak di pinggir laut selat sunda. Penyulingan minyak pertamina berada di kota ini. Jika malam tiba, lampu2 penyulingan minyak Pertamina bersinar terang benderang.


JAMBI, BENGKULU, PALEMBANG, LAMPUNG

      Beberapa kota di provinsi ini hanya sempat saya lewati ketika melakukan perjalanan di lintas Sumatera dari Padang menuju jakarta.


JAWA TIMUR

    1. SURABAYA, merupakan Ibu kota jawa Timur. saya sempat 2 tahun tinggal di kota Surabaya ini. Kota Surabaya merupakan kota ke 2 terbesar di Indonesia dan berhawa panas. Wisata di kota Surabaya adalah wisata belanja dan tempat2 bersejarah.
Wisata belanja antara lain TUNJUNGAN PLAZA yang merupakan tempat belanja terbesar, saat ini mall Tunjungan Plaza sudah sampai Plaza tunjungan 4 (mirip Mall Kelapa gading kali ya, nyambung2 sampai MKG 4), kemudian mall PASAR ATUUM di dekat stasiun kereta semut. Di Pasar Atuum variasi barang dan harga lebih banyak. Saya lebih senang belanja pakaian untuk keluarga di Pasar Atuum. Tempat belanja lain yang terkenal adalah PASAR TURI, yang kemarin sempat terbakar hebat. pasar Turi adalah pasar tempat belanja grosiran. Masih banyak mall dan plaza lain yang terus tumbuh di kota Surabaya, tapi yang paling terkenal adalah ke 3 tempat itu. Mall lain adalah Mall Pakuwon, Sutos, Delta/Surabaya plaza dll.
Di Barat Surabaya juga terdapat Water Boom yang terletak di perumahan Ciputra, yang mempunyai ciri khas permainan air berthema timur tengah / 1001 malam.


                                          Patung Hiu dan Buaya sebagai lambang kota Surabaya
                      
                                      
Untuk wisata tempat2 bersejarah antara lain :  TUGU PAHLAWAN, HOTEL ORANJEE (sekarang hotel Majapahit) yang terkenal dengan peristiwa perobekan warna biru bendera Belanda, museum Sampoerna, museum kapal selam, patung hiu dan buaya di depan kebun binatang Surabaya, dll.
Kota Surabaya terletak di tepi pantai, tempat wisata tepi pantainya adalah PANTAI KENJERAN.


                                                    Di depan Water Boom Ciputra Surabaya


Untuk wisata kuliner, Surabaya terkenal dengan rawonnya. Yang terkenal adalah RAWON SETAN (depan hotel JW Marriot), serta RAWON NGULING yang banyak cabangnya. Selain itu ada pecel pincuk ataupun pecel Madiun, lontong balapan, lontong cap gomeh, nasi kikil, dan nasi bebek. Nasi bebek yang terkenal adalah nasi bebek depan BCA di tugu pahlawan.

     2. KOTA SIDOARJO, terkenal dengan lumpur lapindo di daerah Porong. Merupakan jalur utama Surabaya menuju Malang. Akibat adanya semburan lumpur panas, jalur Surabaya Malang ini selalu macet dan menyebalkan. Oleh2 terkenal dari kota Sidoarjo adalah kerupuk udang.

    3. TRETES, adalah tempat berhawa sejuk di kaki gunung Welirang dan Arjuno. Tretes berada dekat Pandaan pasuruan. Di daerah ini banyak hotel2 dan villa untuk disewakan. Merupakan tempat berlibur dan peristirahatan warga Surabaya (Kira2 seperti puncak lah....).

    4. TAMAN DAYU WATER PARK, terletak di Pandaan merupakan kompleks perumahan/villa Ciputra. Dari depan kita akan temui KFC, kemudian kantor pemasaran dan food court. Kemudian di dalam terdapat perumahan dan villa2 yang dapat disewakan. di dalam kompleks terdapat lapangan golf dan water park. Dan di belakang perumahan terdapat "The pines", bukit pinus yang terdapat rumah pohon, camping ground, dan out bond.

    5. TAMAN SAFARI Pandaan, merupakan salah satu group Taman safari setelah taman safari Cisarua Bogor. Konsep dan fasilitas yang ada mirip taman safari lainnya.


                                                               Naik unta di taman safari


    6. KEBUN TEH WONOSARI, terletak di kaki gunung Arjuno sisi selatan menjelang masuk kota Malang (daerah Lawang). Disini kita bisa menginap dan merasakan udara segar perkebunan teh, berlatar gunung Arjuno. Selain itu kita juga bisa melihat proses pengolahan teh di pabrik teh yang ada.


    Bermain di kebun teh

    7. KOTA MALANG, merupakan kota berhawa sejuk yang terkenal dengan APEL MALANG nya. Selain Apel Malang, yang terkenal juga BAKSO MALANG. Kota malang dengan Surabaya menurut saya analoginya mirip seperti kota Jakarta dengan Bandung. Warga Surabaya setiap akhir pekan sering berlibur ke malang. Kota Malang juga dikenal sebagai kota pendidikan karena banyak perguruan tinggi berada di kota ini. Hal lain yang terkenal dari Malang adalah klub sepak bola AREMA dan pabrik rokok BENTOEL.

Menjelang kota malang dari arah Surabaya kita akan menemukan sebuah restoran yang menyebut dirinya Kerajaan Telo (ubi rambat). Disebut begitu karena di tempat/restoran ini disediakan berbagai macam makanan yang terbuat dari telo. Telo adalah ubi rambat yang berwarna merah/ungu. Disini kita bisa membeli/memakan kue, mie, burger, coklat serta berbagai minuman yang semua terbuat dari Ubi rambat.
   
    8. KOTA BATU, dahulu masuk wilayah Malang, sekarang sudah menjadi kotamadya sendiri. Berada dikaki bukit Panderman, kita dapat melihat gunung Anjasmoro dan Arjuno. Umumnya orang yang berwisata ke daerah Malang akan menginap di kota Batu ini. Apel Malang yang terkenal itu kebanyakan kebun apel nya berada di Batu. Di kota Batu banyak Hotel, villa dan penginapan. Tujuan wisata utama ke kota Batu adalah tempat wisata JATIM PARK dan BNS (Batu Spectacular Night).
JATIM PARK adalah wahana wisata besar seperti Ancol. Ada taman edukasi, ada taman auarium, taman satwa, ada wahana2 permainan (untang anting, kora2, halilintar, jet coaster dll, persis seperti di Dufan hanya lebih kecil), juga ada kolam renang besar.


   Wisata petik apel, di kebun Hotel Wisata Batu Malang

BNS adalah bentuk lain dari wahana permainan. Hanya, BNS khusus dibuka malam hari. Disini ada berbagai wahana permainan, taman lampion, air mancur menari, serta layar bioskop terpanjang di dunia.
Selain tempat wisata di atas, beberapa hotel juga menyediakan paket wisata memetik apel.


       Menara Eiifel di BNS


Tempat lain yang bisa dikunjungi saat berada di kota batu adalah air terjun COBAN RONDO dan WADUK SELOREJO. Saat ini ada beberapa wahana baru yang berdiri di kota Batu ini.

    9. LAMONGAN, tempat wisata yang terkenal adalah WBL (Wisata bahari lamongan) di daerah Tanjung Kodok. WBL terletak di pinggir laut. Konsepnya sama dengan Dufan/Ancol. Wahana permainan, kolam renang dan wisata bahari (Perahu, banana boat, dll).


   Wisata Bahari Lamongan (WBL), Tanjung Kodok Jatim


 BALI

     Merupakan tempat wisata favourite semua keluarga Indonesia. Ibu kotanya Denpasar. Tempat wisata terkenal adalah PANTAI KUTA dan PANTAI SANUR. Wisata kulinernya, nasi Janggo dan nasi pedas (yang jualan malah orang Jawa Timur). Oleh2nya berbagai souvenir dan patung khas Bali serta KAOS JOGER.


                                                                    Sun set di Pantai Kuta



                                          Foto menjelang sun rise (matahari terbit) di pantai Sanur

Berbeda dengan di Jawa yang banyak peninggalan agama Budha berupa Candi. Penduduk Bali yang beragama Hindu mempunyai banyak Pura. Pura yang indah2 dan wajib dikunjungi antara lain :

1. PURA BESAKIH, merupakan Pura terbesar dan induk/ibu dari seluruh pura. Berada di kaki gunung Agung, Pura ini sangatlah agung dan besar.

                                             Charles Angels di depan Pura Besakih.....               

                                         
2. PURA TANAH LOT, berada di daerah Tanah Lot. Pura berada terpisah dari pantai sehingga seperti pulau sendiri ketika laut pasang. Sebaiknya berkunjung ke Tanah Lot menjelang sun set. Pemandangannya luar biasa indah.

                                                     @ Tanah Lot (manggok moment)

Belum lagi karang bolong yang berada di sisi berseberangan Pura tanah Lot, dengan ombak yang menghantam deras terus menerus, merupakan pemandangan yang menakjubkan.

3. PURA ULUN DANU, berada di dataran tinggi Bedugul (Dekat Bedugul Botanical garden). Pura ini berada di pinggir danau Bratan. Kalau tidak salah pernah menjadi gambar di salah satu uang kertas kita.



  Pura Ulun Danu Bedugul 


4. PURA TIRTA EMPUL, berada di bawah istana tampak Siring. Di pura ini ada beberapa air pancuran yang katanya bisa buat awet muda.

5. PURA TAMAN AYUN, bisa dicapai menjelang menuju dataran tinggi Bedugul.

6. PURA ULU WATU, Berada di ujung Selatan pulau bali, di bukit Ungasan. Pura ini berada dipinggir tebing terjal. Di sini menjelang saat matahari terbenam ada pertunjukan tari kecak, berlatar sun set.




                                                       Pertunjukan kecak dengan latar sun set

Selain Pura pura di atas, tempat lain yang wajib dikunjungi di Bali : monumen Garuda Wisnu Kencana (GWK), makan malam sea food Jimbaran, Danau Batur, Dataran tinggi Kintamani, pantai Dream land dan Pecatu, Tanjung Benoa (wisata bahari), Nusa Dua, beli oleh2 di Pasar Sukawati serta kawasan wisata Ubud.
Bagi yang ingin main dikolam renang juga ada BALI WATER BOOM, serta TAMAN SAFARI BALI.


                                                            Danau Batur from Kintamani


                                                                  @ Garuda Wisnu Kencana


                                                    Pura Uluwatu di puncak tebing terjal


                                                  Prosesi tari Kecak dengan latar laut + Sunset



                                                        Turis domestik santai di pantai Kuta



JAWA TENGAH

   1. SEMARANG, sebagai ibu kota dari Jawa Tengah, secara umum kota ini terdiri dari Semarang bawah dan Semarang atas. semarang atas adalah kawasan pinggir laut, kota lama serta perkotaan. semarang atas adalah daerah yang berada di perbukitan. Wisata kuliner khas Semarang adalah Wingko, Lumpia dan ikan Bandeng (yang terkenal ikan bandeng Juana).  Tempat yang wajib dikunjungi : Gedung Lawang Sewu, Klenteng Sam Poo Kong, Mesjid Agung dan Gereja Bleduk. Kawasan yang terkenal adalah simpang lima yang seolah menjadi ikon dan pusat kota nya kota Semarang.
Karena letaknya di pinggir laut, juga ada banyak pantai untuk dikunjungi di kota ini.


                                                       Kawasan Simpang Lima Semarang

   2. JOGJAKARTA, kota kunjungan wisata yang tak asing lagi. Mungkin nomer 2 setelah Bali. Kota Jogjakarta sangat adem dan tenang. Dikenal juga sebagai kota pelajar.


                                                               Di dalam Keraton Jogja

Wisata utama yang terkenal adalah jalan Malioboro, sebuah jalan yang ketika malam tiba dipenuhi pedagang makanan lesehan, pelukis wajah, serta pengamen jalanan. Di jalan ini terdapat pasar serta benteng. Kita juga bisa naik kereta kuda roda 4 disini.
Tak jauh dari jalan Malioboro adalah Keraton Jogjakarta. Kita bisa berkunjung ke dalam keraton, belajar batik, ataupun mengunjungi museum kereta kencana keraton.
Wisata belanja di Jogjakarta, nyari batik atau kaus Dagadu. Serta jajanan makanan untuk oleh2 seperti

Di Jogja ada 2 candi besar yang terkenal yang dapat dikunjungi, yaitu :

- CANDI BOROBUDUR
   Candi terbesar penuh dengan ukiran relief dan pernah dinobatkan sebagai salah satu dari 7 keajaiban dunia


Candi Borobudur dan ukiran relief nan indah


- CANDI PRAMBANAN
   Candi eksotis yang terletak tidak jauh dari kota Jogja arah Solo

                                                             @ Candi Prambanan

3. SOLO, kota budaya yang hanya berjarak 1 jam dari Jogja. Di Solo kita bisa berbelanja batik dan makan tengkleng.



JAKARTA

Sebagai ibu kota negara sangat banyak tempat2 untuk dikunjungi di kota jakarta. Tapi tempat yang menjadi kunjungan utama keluarga adalah :

   1. MONAS
       Monumen Nasional (Monas) yang dulunya merupakan lapangan Banteng seolah2 merupakan pusat (titik tengah) dari kota Jakarta. Di dekat nya ada stasiun Gambir dan Istana Negara.


                                                                           Monas
   2. ANCOL
       Merupakan Taman rekreasi keluarga yang dikembangkan oleh Ciputra. Ancol terletak di tepi laut. Di Ancol terdapat banyak tempat2 permainan keluarga seperti Dufan (Dunia Fantasi), pantai karnival, Sea World, kolam renang Atlantis, dll.

   3. TAMAN MINI
       Berada di Timur jakarta, Taman Mini Indonesia Indah (TMII) merupakan miniatur dari keragaman budaya yang ada di seluruh Indonesia. Tempat ini merupakan prakarsa dari ibu Tien Soeharto. Di sini kita dapat menemukan rumah adat dari seluruh provinsi, taman2 bunga serta sebuah water bomm dengan nama SNOW BAY karena kolam renangnya bernuansa salju.


                                          Di depan rumah adat Papua


JAWA BARAT

   1. PUNCAK
       Merupakan tempat favourite liburan orang Jakarta. Kawasan puncak berada di kaki gunung Halimun dan gede Pangrago. Disini ada kebun teh, Taman safari, Taman Matahari, dll.

   2. BOGOR
        Disebut juga kota hujan, karena curah hujan yang tinggi sepanjang tahun. Di kota Bogor ada Istana Bogor, Kebun Raya Bogor, Water Park D Jungle, dll

   3. BANDUNG
        Ibu kota jawa Barat ini dikenal juga sebagai Paris van Java. karena dikenal sebagai pusat mode. Kota berhawa dingin ini mempunyai banyak FO (Factory Outlet), pusat FO terkenal adalah jalan Cihampelas.  Kantor gubernurnya juga terkenal dengan sebutan gedung sate. Bandung Utara dikenal dengan kawasan Lembang dan Bandung bagian Selatan dikenal dengan kawasan Ciwidey dengan Kawah Putihnya.

   4. GARUT
        Garut adalah kota yang berada sekitar 1 jam dari Bandung arah ke Timur. Kota ini dikenal dengan oleh2 dodol garut. Di kota ini banyak resort2 yang cukup terkenal seperti penginapan Sumber Alam dengan air panas alamnya serta Kampung Sampireun.

   5. CIREBON
       Kota yang berada di jalur Pantura ini praktis berbatasan dengan Jawa Tengah. Kuliner khasnya : nasi jamblang, Empal gentong, tahu gejrot.

   6. KUNINGAN
       Merupakan kota kampung halaman kedua orang tua saya. Kuningan sekitar 30 menit perjalanan dari Cirebon, mendaki menuju ke kaki gunung Ciremai. Kota Kuningan tepat di kaki Gunung Ciremai. Tempat wisatanya : Gedung Linggar Jati, pemandian dengan ikan dewa Cibulan dan Cigugur serta pemandian air panas Sangkan Hurip. Selain itu ada juga Waduk Dharma.
Oleh2 khasnya rengginang, dan dibungkus daun jambu yang ditaruh dalam ember.

     7. PANGANDARAN
         Terletak di pantai Selatan jawa, pantai pangandaran merupakan satu tempat wisata pantai yang cukup ramai dan terkenal. Pangandaran pantainya terdiri dari sisi Barat, yang landai dan banyak hotel serta sisi timur yang curam dan berkarang.
Satu paket dengan Pangandaran adalah wisata Green Canyon dan pantai Batu Karas. Disini juga terdapat tempat wisata pantai Karang Nini dan pantai Batu Hiu


BANTEN

   1. ANYER
       Merupakan daerah wisata pantai di pesisir barat pulau Jawa. Pantai Anyer terbentang panjang dengan beberapa tempat wisata pantai umum. Selebihnya pantai2 private yang sudah dikapling oleh hotel2 berbintang. Merupakan tempat wisata pantai terdekat dari kota jakarta (+/- 3 jam), via tol dengan keluar di tol Cilegon Timur.
Tempat wisata ini sangat ramai saat liburan. Sebaiknya pesan hotel dulu dan datang pagi2, untuk menghindari kemacetan.

   2. CARITA
       Segaris dengan Anyer. Jika kita menyusuri pantai Anyer ke Selatan, maka akan menemukan pantai Carita.

   2. LABUAN, PANDEGLANG, SERANG
       Kota2 yang kami lewati dalam perjalanan balik ke Jakarta setelah memutar, karena menghindari kemacetan di Anyer. Di kota Labuan ada Rumah makan Mak Entin ( khas : Otak2, sate udang, sate cumi dan ikan bakar). Di kota Pandeglang jangan lupa singgah di pondok durian jatuhan Hj Arif.


KALIMANTAN

   1. BALIKPAPAN
       Mulanya saya mengira Balikpapan ini adalah ibu kota Kalimantan Timur. Karena bandara udaranya SEPINGGAN berada di Balikpapan. Ternyata saya salah, ibu kota Kaltim adalah Samarinda.


Bandara Sepinggan Balikpapan

Kota Balikpapan berada di pinggir laut. Kota ini mungkin lebih cocok disebut kotanya Pertamina, karena hampir seluruh wilayah kota merupakan kompleks pertamina. Memang depo dan kilang minyak Pertamina yang besar berada di kota ini, sehingga kalau malam bersinar terang oleh lampu2 kilang minyak. Kotanya berbukit2 dan banyak perusahaan minyak asing beroperasi di sini.


Kota Balikpapan dari atas pesawat


Kilang Pertamina di teluk Balikpapan

Kota Samarinda sekitar 2 jam dari Balikpapan, melewati cagar alam bukit Suharto. Kota Samarinda ini berada di tepian sungai.

Selain Samarinda, daerah yang sudah saya kunjungi di Kaltim adalah Tenggarong - Kutai Kertanegara.
 

   2. BANJARMASIN
       Banjarmasin merupakan ibu kota Kalimantan Selatan. Bandaranya adalah Bandara Syamsudin Noor. 


Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin

Kota ini di belah oleh sungai Barito yang terkenal (ingat iklan seorang ibu berjualan di atas perahu menunjukkan jempol, pada salah satu TV swasta ??). Sungai Barito sangat luas, sehingga kapal2 laut dapat masuk dan bongkar muat di kota ini.  Hanya sayang kotanya berkesan kurang terawat karena banyaknya rawa dan genangan.



Jembatan sungai Barito


Makanan yang terkenal adalah Soto Banjar. Soto yang dapat dimakan dengan nasi ataupun dengan ketupat.
Kurang lebih 1 jam dari Banjarmasin adalah kota Martapura yang dikenal dengan permata Kalimantannya. Dikota ini kita bisa belanja oleh2 batu2 an (cincin, kalung, gelang) yang cantik dan indah2.



 
Pusat oleh2 Batu permata di martapura


       
Kalung batu yang cantik2



 Lontong Orari dengan gulai pucung (ikan gabus)



 Udang galah sungai yang lezat



Ini dia makanan khas banjarmasin, Soto Banjar 


   3. PALANGKARAYA, merupakan ibukota dari Kalimantan Tengah. Kotanya tenang dengan banyak persimpangan berupa bundaran2, sehingga cukup membingungkan bagi yang pertama kali berkunjung. Di Kalimantan tengah terdapat kota Sampit yang cukup terkenal karena tragedi sampit. namun saat ini kota nya sudah pulih dan ramai. Wilayah kaltemg yang saya kunjungi sampai kota Pangkalan Bun, kota pelabuhan yang berada di ujung barat, berbatasan dengan Kalimantan Barat. Pangkalan Bun dahulunya merupakan kerajaan dan menjadi ibu kota dari kota Waringin Barat.




SULAWESI

   1. MAKASSAR
       Makassar atau Ujung Pandang merupakan ibu kota Sulawesi selatan dan kota terbesar di daerah Timur. Wisata terkenal di kota ini adalah PANTAI LOSARI dan TRANS STUDIO.  Letaknya berdekatan. Makanan khas dari Makassar adalah Cotto Makassar dan Sup Konro Karebosi. Kalau kita menuju ke daerah Pinrang, yang terkenal adalah bebek Pinrang.


Bandara Sultan Hasanuddin, Makassar


Pintu masuk ke Trans Studio 


 Di dalam Trans studio


 Sore di Pantai Losari


 Menjelang sun set di Losari


 Pintu masuk Trans Studio dari arah Mall


 Menjelang sun set

 

Di panggung terapung pantai Losari

   2. MANADO
       Kota manado terletak paling utara pulau Sulawesi, menghadap ke laut Pasific. Tujuan wisata terkenalnya adalah TAMAN LAUT BUNAKEN.
Selain Taman laut Bunaken kita juga dapat mengunjungi dataran tinggi Tomohon dan danau Tondano.

Bandara Sam Ratulangi, Manado



Kota Manado (Boulevard)


 Kota bunga Tomohon nan sejuk


 Danau Tondano


Di pulau Bunaken

   3. PALU
       Kota Palu merupakan ibu kota Sulawesi Tengah.  Kotanya menurut saya termasuk kecil. Terletak di sebuah teluk.  Makanan khasnya adalah Kaledo,  sup sapi dengan kuah kaldu kental yang dimakan dengan ubi kayu.



 Bandara Mutiara, Palu


 Sup Kaledo yang dimakan dengan ubi kayu


 Pilihan ikan yang mau dipanggang untuk santap siang

Salah satu jembatan sebagai ikon kota Palu


 Teluk Palu nan tenang

 Sesudut kota Palu

 Rama Garden Hotel tempat saya menginap

Pemandangan cantik di teluk kota Palu


     Demikian sekilas sebagian kecil destinasi tujuan wisata dan daerah di Indonesia yang sudah pernah saya dan keluarga kunjungi. Sangat beraneka ragam dan sangat menarik. Nantinya saya akan mencoba menceritakan satu persatu perjalanan ke masing2 tempat wisata tersebut berikut dengan foto2 nya. Karena, selain hobby jalan2 saya juga senang mengabadikan kegiatan dan keindahan alam.

Mohon maaf jika ada beberapa keterangan yang tidak akurat atau tidak up date, sehubungan saya menceritakan beberapa kunjungan jauh hari setelah kegiatannya, sehingga ada yang terlupa.
Semoga blog saya ini dapat berguna, dan membantu teman2 lain dalam menentukan dan merencanakan tempat berlibur bersama keluarga


Wassalam, terima kasih.

Cecep A Siantara


Tidak ada komentar:

Posting Komentar