Kamis, 17 September 2015

LIBURAN PULANG KAMPUNG KE PAYAKUMBUH - SUMATERA BARAT

Pada Kamis, tgl 14 mei 2015, kami sekeluarga liburan pulang kampung ke Payakumbuh – Sumatera Barat. Kami berangkat dengan pesawat Sriwijaya menuju Padang pukul 8.20 pagi dan sampai di Bandara Minang kabau - Padang pukul 10 lewat.

Ity, di atas pesawat menuju Padang

Sehari sebelumnya, Rabu adalah jadwal saya cuci darah di RS Hermina Bekasi. Dan untuk persiapan pulkam ini saya sudah minta ditambah suntikan Fenover (Tambahan zat Fe), dan Centrovit (Tambahan Vit C dan multi vitamin) untuk menjaga kebugaran selama liburan ini. Pengalaman drop saat liburan ke Bali masih menghantui.

Tujuan pulang kampung ke Payakumbuh kali ini adalah untuk mengabarkan berita sakitnya saya. Tadinya rencana yang berangkat hanya istri sendirian. Tapi akhirnya karena ada kelapangan dana, akhirnya kami berangkat sekeluarga.  Sempat juga terlintas untuk pulang saat lebaran, tapi mengingat kondisi sakit saya, rasanya tidak memungkinkan di suasana libur lebaran yang macet dan berdesak2desakan apalagi mencari jadwal cuci darah saat lebaran yang ramai, pasti repot sekali. Akhirnya kami putuskan berangkat sebelum puasa (Mei 2015).

Ity, asyik main HP di bandara

Setiba di bandara kami sudah dijemput oleh Da Yus, seorang sahabat lama di Padang. Sekaligus beliau mencarikan mobil rental. Saat itu kami pakai mobil Avanza 2012, seharga Rp 250.000/hari. Karena istri masih khawatir dengan kondisi saya, kami minta adik istri/Eric dari Payakumbuh,  untuk menjadi supir membawa mobil dari Padang ke Payakumbuh.

Setelah menurunkan Da Yus di Simpang GIA, kamipun melaju ke pusat kota dengan tujuan nasi sup ayuk Des di Teplau (Pinggir laut). Nasi sup ini merupakan salah satu alasan saya pulkam.

Nasi sup Tepi Laut - Padang dan istri yang sedang bersantap

Setelah makan nasi sup ( 2 piring !!), kamipun segera meninggalkan kota Padang dan menuju kota Payakumbuh. Estimasi perjalanan Padang – payakumbuh adalah 3 jam. Sebelumnya kami menjemput Eric terlebih dahulu di stasiun Tabing.

Perjalanan Padang – Payakumbuh berjalan lancar, hanya saja hujan sepanjang jalan. Kami sempat shalat Zhuhur di mesjid Kayu Tanam, saat Eric mengatakan mengantuk, karena harus ronda malam tadi. Akhirnya dari Kayu Tanam, sayalah yang menyetir mobil sampai ke Bukit Tinggi.

Di Bukit Tinggi kami singgah terlebih dahulu ke RS Ahmad Mochtar. Karena saya sudah didaftarkan teman/Ibu Imel untuk cuci darah pada sabtu nanti. Tujuan kami singgah adalah untuk kepastian jadwal cuci darah. Setelah bertemu petugas HD, kamipun dapat kepastian bahwa nama saya sudah didaftarkan oleh ibu Imel.

Dari RS Achmad Mochtar, kamipun segera menuju Payakumbuh di tengah hujan yang cukup lebat.

Kami sampai di Payakumbuh sekitar pukul 16.00 sore, singgah sebentar di rumah Eric untuk mengambil payung sebelum menuju ke rumah istri yang berada di Balai Nan duo – Koto Nan IV, Payakumbuh. Setiba di rumah kami langsung disambut kakek dan nenek Prity. Malam itu kami makan masakan nenek yang lezat, berupa rendang ayam.

Pagi jumat, setelah sarapan lontong pecal “Yanti” saya mendapat telp dari RS Achmad Mochtar – B Tinggi, bahwa mesin HD mereka rusak, sehingga saya tidak bisa cuci darah di sana. Namun oleh ibu Lela (PIC di HD RSAM), kami di rujuk ke RSUD Padang Panjang. Suster Lela sendiri yang menelepon ke sejawatnya suster Sherly di  RSUD Padang panjang. Tapi jadwal HD nya harus siang ini juga.

Sehingga dengan terburu2 kamipun segera menuju Padang panjang, mengingat jarak tempuh Payakumbuh – Pdg panjang, bisa mencapai 1,5 – 2 jam (tergantung kemacetan di B Tinggi). Di tengah perjalanan ibu Imel, sempat telpon menanyakan kondisi saya, dan saya katakan sudah OTW ke Pdg Panjang.

Ini ruang HD RSUD Padang Panjang (Di Lantai 2)

Kami sampai di RSUD Pdg Panjang sekitar pukul 11.00. Saya sempat pangling dengan lokasi, karena ternyata RSUD Padang panjang ini baru dibangun. Setiba di RSUD, kami langsung menuju ke ruang HD untuk mendapat jadwal konfirmasi.

Di depan ruang HD, pemandangan gunung dan sawah

Ruang HD RSUD Padang panjang terletak di belakang, di lantai II gedung VIP. Gedungnya baru dan cukup bagus dengan pemandangan sawah dan gunung Singgalang serta Merapi terlihat jelas. Di ruang HD sendiri hanya ada 4 buah mesin. Kami di sambut dengan ramah oleh suster Sherly dan mas Deni. Sehubungan hari Jumat, saya shalat jumat dulu dan sempat makan siang nasi bungkus beli di kantin RSUD.

Lorong menuju ruang HD yang resik dan bersih serta sejuk

Sekitar jam 14.00 HD dimulai. Walaupun tanpa AC, sepertinya suasananya cukup sejuk. Yang agak berbeda di sini adalah : Adanya kursi khusus, satu bed 1 kursi. Sementara biasanya di tempat HD penunggu hanya boleh menunggu di luar. Secara pribadi, saya merasa dengan adanya penunggu di dekat kita akan merasa lebih nyaman.

Hal lain yang cukup menarik adalah, dinding ruang HD memakai wall paper dan sprei serta selimut yang berwarna PINK !! Cukup membuat hangat, di tengah suasana dingin dan pemandangan indah di luar.

Saya selesai HD sekitar pukul 18.15 lewat. Setelah shalat maghrib dan mengucapkan terima kasih, kamipun balik pulang ke Payakumbuh. Karena perut sudah lapar, istri menyarankan makan sate Mak Syukur terlebih dahulu, ternyata sudah kehabisan !! Sehingga kamipun berpindah makan di sate Saiyo. Selesai makan, kami segera menuju Payakumbuh dan sampai di rumah sekitar pukul 21.00 malam. Di rumah nenek Prity sudah masak makan favourite, yaitu gulai ciput. Sehingga kamipun makan malam sekali lagi, sebelum akhirnya beristirahat.

Gulai ciput nenek, ayng gurih dan lezat (Kalau di sunda namanya Tutut)

Pagi, sabtu 16 Mei 2015 kami merencanakan untuk piknik ke Lembah Harau dan Jembatan Kelok sembilan.

Petunjuk arah ke Harau, serta pemandangan bukit2 di Harau

Setelah sarapan pagi nasi goreng nenek yang tiada duanya (saya bisa tambah sampai 3 kali) Kami berangkat 2 mobil, keluarga Eric dan keluarga kami + kakek Nenek. Sekitar pukul 10.00 kami sudah berangkat dari rumah menuju Lembah harau. Kami sampai di harau sekitar jam 11.00. Di Harau kami istirahat sambil menonton anak2 mandi2 di bawah air terjun.

Pemandian dan air terjun (Sarasah) Harau

Setelah makan snack + minum teh manis panas serta foto2, sekitar pukul 01.00 siang kamipun meninggalkan Harau.

Ity dan kakek serta Nenek Payakumbuh

Menjelang pintu keluar sempat terjadi kemacetan, karena sehubungan hari  libur (Isra Mi’raj), juga baru lulus lulusan UAN anak SMU, sehingga pengunjung membludak. Untung kami datangnya agak pagian.

Our Big Family (Aku berkaus hitam, paling belakang)

Ity, makan kerupuk mie khas Harau

Berikut penampakan kerupuk Mie Harau

Ity dan sepupu-sepupu nya

Dari Harau kami sempat shalat dulu di Lubuk bangku, sebelum akhirnya menuju jembatan kelok sembilan. Jembatan kelok sembilan dulunya merupakan jalan berkelok (9 kelokan tajam) yang terjal dan berbahaya, sehingga akhirnya sekarang dibuatkan jembatan yang luar biasa besar dan tinggi, seperti jalan/jembatan di luar negeri.

K-9, alias kelok sembilan : Pekan Baru - Payakumbuh

Dari jembatan kelok sembilan kami mencari2 tempat makan, tapi karena hari hujan rintik2, tidak ada tempat yang cocok. Setelah melewati jembatan kelok sembilan akhirnya kami menemukan sebuah warung yang tutup, tempat yang ideal untuk makan siang bersama.

Ity di kelok sembilan

Kamipun makan siang di warung tersebut. Menggelar tikar dan membuka makanan yang dibawa beramai2 dari rumah. Makan siang bersama saat itu benar2 terasa nikmat..... Gulai ciput, rendang, teri, kerupuk rubik dan ayam serta ikan goreng benar2 lezat ditengah suasan dingin dan kebersamaan.

Suasana makan bersama di pinggir jalan

Selesai makan siang, kamipun kembali menuju jembatan kelok 9, untuk melakukan foto sesion. Berikut foto2 kami di jembatan kelok 9 :

Dari jembatan kelok 9, Eric dan keluarga besarnya kembali ke kota Payakumbuh, sedangkan kami langsung menuju ke Mudik. Mudik merupakan kampung mertua lelaki saya, jaraknya +/- 1 jam dari kota Payakumbuh. Sore itu kami menuju mudik, karena ada salah satu kerabat yang pesta kawinan.

Setelah shalat Zhuhur di rumah gadang Talago – Mudik, kamipun menuju pesta kawinan. Disini kami hanya sebentar saja, dan langsung balik ke Payakumbuh. Sebelumnya sempat singgah dulu untuk makan sate dangung-dangung yang terkenal lezat.

Sampai di rumah malam hari, kamipun langsung istirahat dan bersiap2 untuk menuju Padang keesokan harinya.

Minggu, 17 Mei 2015 pukul 11.00 kami  bersiap untuk menuju kota Padang. Kami merencanakan tidur satu malam di kota Padang sebelum balik ke Jakarta pada seninnya.

Dengan mobil rental, saya menyetir dan nenek Prity juga ikut ke Padang. Sementara kakek harus tinggal untuk menjaga kebun coklat, karena saat itu banyak pencurian.

Di Padang panjang kami singgah di restoran Air Badarun untuk makan siang. Restoran ini cukup ramai, dan yang khas adalah gulai jariangnya yang khas dan sama sekali tidak berbau !! Selesai makan kami melanjutkan perjalanan dan sempat singgah di air terjun Lembah Anai, untuk Prity berfoto2 ria. Selanjutnya kami meneruskan perjalanan ke kota Padang.

Sate Saiyo - padang panjang

Setelah mengantar nenek ke rumah kami yang di Pasir Putih – Tabing, kami lanjut menuju hotel Mercure Padang. Malam itu kami istirahat di hotel mercure. Paginya sarapan nasi sup teplau dan beli oleh2. Kemudian kami menuju rumah di Kuranji – by pass dan diakhiri makan siang dengan gulai kambing muslim.

Selesai makan, kami langsung menuju rumah Pasir putih untuk menjemput nenek yang akan mengantarkan kami ke Bandara. Akhirnya sekitar pukul 16.00 sore, sampailah kami di Bandara Minangkabau untuk menuju Jakarta.