Kamis, 30 April 2015

JALAN - JALAN KE SUMATERA UTARA Bag 2

LIBURAN KE DANAU TOBA

Berikut adalah sambungan kisah perjalanan liburan keluarga kami ke Sumatera Utara. Jika tiga hari pertama dihabiskan di kota kelahiran Pematang Siantar. Untuk trip berikutnya kami berencana mengeksplore danau Toba, dengan jadwal :
1. Sehari di kota Parapat --> Untuk melihat danau danau Toba dari dekat
2. Hari ke 2 di Pulau Samosir --> Untuk merasakan suasana Danau Toba dari sisi Pulau Samosir
3. Hari ke 3 Di Simalem Merek --> Untuk melihat Danau Toba dari atas/ketinggian
4. Hari terakhir di kota Medan

Sesuai kebiasaan saya, saya selalu menyiapkan Eterniety perjalanan. Dan berikut perbandingan Eterniety yang sudah disusun vs realisasinya :

23-Des-14 Selasa       4  06.00 - 08.00  Pagi2 Menuju Parapat - Danau Toba
 09.00 - 11.00  Main dan jalan2 di pinggir danau - Parapat (Berenang, tangkap udang, foto2)
 11.30  Chek in di hotel : DANAU TOBA INT' COTTAGE
 12.00  Makan siang di resto om Akwang.
 14.00 - 17.00  Main di hotel - Sewa speed boat ke Batu gantung + muter2
 17.30  Istirahat
 18.00   Balik hotel, mandi Istirahat / naik kapal ke Samosir
 19.00 - 21.00  Makan malam di hotel ( Malam 1 di Parapat)

Hari ke 4 : Kota Parapat

Pagi2 kami sudah bersiap2 dan berangkat menuju kota Parapat - Danau Toba. Selain saya, istri dan anak kami Prity, keluarga bang Wandi yang ikut kak Sri dan anaknya Wulan.
Sebelum memasuki kota Parapat kami mampir sebentar di view Batu gantung untuk minum kopi, melepas lelah dan Foto2.

Minum kopi sambil melihat pemandangan Danau Toba

Tepat di bawah warung kopi adalah objek wisata Batu Gantung

Ity in action.....

Ity dengan latar pemandangan Danau Toba nan indah

Mung dan Ity dengan kaca mata hitamnya....

Mung dan Bude Sri in action....

Kemudian kami menuju hotel Danau Toba Int Cottage untuk chek in dan istirahat. Saya sudah memesan 2 room cottage untuk kami 2 keluarga via Agoda sejak Juli 20014. Per malamnya Rp 584.000.

Room di cottage Danau Toba Int Cottage

Penampakan Danau Toba Int Cottage dari arah Danau/Ferry

Bersantai di tepian danau, di hotel Danau Toba Int Cottage

Ity Manyun di kamar......

Ity beraksi, pemandangan tepat di depan pintu kamar cottage

Kamar Danau Toba Int Cottage terkesan tua dan usang. Untuk harga yang mencapai Rp 600 ribu permalam rasanya tidak worthed menginap di sini. Kelebihannya adalah : 1) Lokasi yang sepi dengan pemandangan teluk yang indah, 2) Pemandangan dari resto/kolam renang sangat ciamik.

Setelah istirahat dan menaruh barang2, kamipun berjalan keliling kota Parapat. Bang Wandi sangat mengenal jalan2 kota ini, sehingga kami merasa aman dan nyaman. Akhirnya kami berhenti di pinggir Danau dan menuju kapal Ferry untuk menyebrang ke Pulau Samosir. Sebelum menyebrang kapal berkunjung untuk melihat batu gantung (yang ada legendanya......)

Kapal Ferry wisata yang membawa kita menuju Pula Samosir (pp)

Rombongan kami di dek atas kapal Ferry

Ity dan Bude Sri... Tongsis tidak pernah lupa !!

Batu gantung, batu legenda salah satu objek wisata yang wajib dikunjungi di Parapat.

Anak gadisku tersayang.....

Sekitar 1/2 jam kamipun sampailah di Tomok, Pulau Samosir. Kak Sri segera menelpun kenalannya di sini. Tak lama seorang gadis menghampiri, yang ternyata kenalan kak Sri tadi. Dia menjadi guide kami selama di Pulau samosir.

Ity berfoto bersama boneka patung Sigale2 yang misterius

Patung Sigale2 dan kuburan batu Raja Sidabitar

Dari dermaga Tomok, kami berjalan kaki menuju makam Raja Sidabutar. sebelumnya kami sempat menonton pertunjukan tari Sigale2 terlebih dahulu. Cukup ramai yang menonton Tari Si gale2 ini, masing- masing rombongan membayar Rp 50.000. Patung Sigale2 ini ada legendanya. Menonton pertunjukannya sebenarnya agak membosankan, karena gerakan yang itu2 saja, hanya musiknya yang khas dan kencang bener.
Setelah menonton tarian Sigale2, kami menuju makam batu radja Sidabutar dan foto2 sejenak :

Foto bareng di depan makan batu raja Sidabutar

Tak lupa Narsis dulu dan ber tongsis ria......

Tak lama, kamipun kembali ke dermaga dan menuju Ferry untuk kembali menuju ke kota Parapat. saat itu mendung dan gerimis sehingga suasana terasa dingin.

Naik kapal Ferry balik ke Parapat di tengah hujan gerimis

Sesampainya di Parapat kami membeli nasi bungkus di resto padang untuk makan malam, kemudian menuju hotel untuk istirahat. Malam itu kami makan nasi bungkus ramai2 dan istri yang dalam kondisi sakit, disuapin oleh Ity sambil tiduran :

Makan malam nasi bungkus Padang.....

Ity menyuapin mung yang sakit......

Hari ke 5 : Pulau Samosir

24-Des-14 Rabu         07.00   Sarapan (di hotel D Toba Int Cottage). (Pagi 1 di parapat)
 09.00 - 10.00  Menuju penyeberangan Ajibata ke P Samosir (Ferry) bawa mobil
 10.00 - 12.00  Main di Samosir + Makan siang
 12.30  Chek in di Hotel : TOBA VILAGE INN HOTEL
 14.00 - 16.00  Main di seputaran hotel
 17.00  Balik hotel, mandi istirahat
 20.00  Makan malam di hotel

Pagi hari cuaca cerah, kami menuju restoran untuk sarapan. Pemandangan dari restoran dan kolam renang sangat bagus, sehingga kami sempatkan untuk foto session :

Foto bareng saat sarapan di restoran

Pemandangan Danau dari kolam renang yang cantik....

Ity in action....

Pung juga tidak mau ketinggalan

Pasangan mesra abad ini, pakde Wandi dan Bude Sri

Ceria sepanjang masa

Jadwal hari ini adalah menyebrang ke Pulau Samosir. Kamipun membawa mobil menuju penyebrangan Aji bata. Setelah mengantri sekitar 1/2 jam kamipun mendapat tiket dan segera menuju ke dalam kapal Ferry. Antriannya lumayan lama, karena besok adalah hari Natal.
Mobil di parkir di dek bawah dan penumpang bisa naik ke atas untuk istirahat di dek atas yang ada restorannya.

Kapal Ferry yang membawa mobil kami ke Pulau Samosir

Ity dengan latar belakang pelabuhan Aji Bata

Suasana di dek atas kapal Ferry

Malam ini kami berencana menginap di Toba Inn Cottage - Tuk tuk. Biaya menginap di sini adalah Rp 550.000 per malamnya. Dibanding Danau Toba Int Cottage, Toba Inn Cottage Tuk tuk menurut saya roomnya lebih bagus dan bersih. Sepertinya dikelola oleh warga Samosir yang suaminya warna negara asing.
Kami mendarat di Tomok dan segera mobil melaju menuju Tuk2 yang berjarak +/- 15 menit dari dermaga Tomok. Sempat kelewatan sedikit, akhirnya kamipun sampai di Toba Inn Cottage - Tuk2.

Hotel Toba Village Inn - Tuk Tuk

Mung dan Ity ber foto session di halaman hotel Toba Village Inn - Tuk tuk

Resto Toba Village Inn

Kami sempat mencicipi makanan ringan kue2 dan minuman hangat di restonya yang cozy. Ternyata suaminya yang bule adalah pembuat roti/kue. Tapi ketika mata memandang deretan menu yang disajikan selera makan kami langsung drop melihat adanya Pork dalam menu (daging babi).

Malam itu kami makan malam dengan bang Wandi keluar khusus membeli makanan padang/halal yang letaknya cukup jauh dari hotel kami. Sesudahnya kamipun isirahat dan tidur dengan nyenyak.

Hari ke 6. (Natal di Pulau Samosir)

25-Des-14 Kamis       6  06.00 - 07.00  Bangun, sarapan di : Toba Village Inn - Hotel. (Pagi 2 di Parapat)
 Natal  07.00 - 09.00  Main dan foto2 di pantai depan hotel
 09.00  Persiapan chek out
 09.00  Chek out pagi, menuju ferry penyebrangan - Ke Parapat
 10.00  Langsung menuju Parapat - Tongging
 11.00  Sampai di Tongging, ke Simelem Merek (chek in)
 12.00  Makan siang (nasi bungkus)
 13.00 - 16.00  Jalan + Foto2 seputaran Simelem Merek
 19.00  Nginap di hotel Simelem Merek
 20.00  Dinner di Simalem Merek. Istirahat

Pagi2 kami sudah bangun dan bermain serta foto2 di pinggir hotel/danau toba. ternyata ada yang menyewakan speed boat dengan harga Rp 200.000 an selama 2 jam. Kamipun menyewa 1 buah speed boat, dan Prity bergaya foto2 :

Ity bermanuver menaiki Speed Boat

Berpose di atas Speed Booat

Setelah puas foto2, dengan mengendarai speed boat tersebut, saya berboncengan dengan prity serta tukang perahu di belakang melaju sepanjang tepian pulau Samosir. Kami melihat2 pemandangan tepian Danau Toba di Pulau Samosir di pagi hari yang sepi dan cerah. Sebenarnya tukang perahu menawari kami perjalanan ke Batu Gantung di Parapat, tapi mengingat jarak yang jauh, sementara danau toba sangat dalam, saya menolak, sehingga  diputuskan mengantar kami ke kuburan/meja sidang batu Huta Siallagan, masih di daerah Tuk tuk - Ambarita.

Salah satu kompleks makam2 batu

Di kompleks kursi batu Huta Siallagan

Puas melihat2 dan foto2, dengan masih mengenakan jaket pelampung akhirnya kamipun kembali menaiki speed boat untuk kembali ke penginapan, hotel Toba Inn Cottage.

Kamar di Toba Village Inn bagus dan bersih

Depan kamar Toba Village Inn dan menjelang menyebrang ke Parapat

Selanjutnya perjalanan dilanjutkan dengan menyebrang kembali menggunakan Ferry. Kami pun menuju pelabuhan Aji Bata Parapat. Sekitar 1 jam perjalanan di atas ferry sampailah kami di Ajibata. Mobilpun segera dipacu meninggalkan kota Parapat menuju destinasi berikut - Simalem Merek.

Dari kota Parapat kami berbelok kiri di daerah jalan Pematang Purba - Parapat. Daerahnya sepi dan merupakan hutan2 sekunder. hanya sekali2 kami berselisih dengan mobil lainnya. Mulanya saya sempat was was melewati jalan ini, namun bang Wandi meyakinkan kami bahwa selama di jalan raya masih ada jalur kabel listrik, pasti masih ada kehidupan !!!
Walaupun jalannya kecil tapi mulus, sementara di sebelah kiri terkadang terbentang pemandangan Danau Toba yang indah.
Sekitar 3 jam perjalanan, akhirnya sampailah kami di daerah Merek. Kebetulan Bang Wandi dulu sudah pernah ke Taman Simalem ini, sehingga mobilpun segera di arahkan ke Taman Simalem.

Pintu Gerbang taman Simalem Resort - Merek

Peta lokasi taman simalem Resort

Menjelang chek in di Taman Simalem

Lobby menuju kamar kami

Setelah chek in, kami pun di antar menuju kamar kami menggunakan mobil golf. Letak kamarnya di lembah dan sangat privacy. Kamar yang kami tempati type Cinnamon, yang terdiri dari 2 kamar (untuk 6 orang), dilengkapi dapur dan ruang tamu/sofa. Rate kamar per malamnya 5 juta rupiah !!!

Penampakan luar kamar kami, type Cinnamon

Suasana di dalam kamar kami, ruang tamu dan kamar tidur

Setelah leyeh2 dan istirahat, kami putuskan untuk menghabiskan sore itu dengan berjalan2 seputaran Simalem Resort. Dari Lokasi kamar harus naik mobil lagi cukup jauh untuk melihat berbagai pemandangan indah Danau Toba dari ketinggian :

Ity di depan " Pearl of Lake Toba "

Ity with Mumung dan Pupung

Berfoto Ria

Selfie tidak ketinggalan

Pemandangan yang sungguh menakjubkan

Ity dengan latar bukit Danau Toba dan kabut yang biru

Mbak Wulan in action....

Pakde mengacungkan jempol.... pemandangannya ciamiiiikkk......

Bersantai di resto dengan pemandangan danau Toba yang indah

Foto bareng.....

Setelah puas melihat2 Taman Simalem Resort, kamipun balik ke kamar dan bersiap2 untuk dinner. Ya.... biaya Rp 5 juta permalam sudah termasuk dinner dan breakfast untuk 6 orang.

Menjelang Dinner

It berkesempatan berpose bersama life band Batak's

Dinnernya tidak lah istimewa, menurut saya sangat sederhana, tapi cukup meriah karena dihibur oleh panggung yang menampilkan life music music2 khas Batak dan Natalan.
Setelahnya kami kembali ke kamar dan beristirahat.

Ngobrol, santai dan nge teh di dapur kamar kami

Hari ke 7 : Simalem - Medan

26-Des-14 Jumat       7  06.00  Sarapan (hotel simerek)
 06.30 - 09.00  Foto2 + jalan2 seputaran Simelem Merek
 09.30  Persiapan chek out
 10.00  Chek out dan Menuju kota Medan
 11.00  Singgah di Berastagi (Main di bukit Gundaling : Naik kuda + beli buah/sayur)
 12.00  (Shalat Jumat di Brastagi)
 13.00 -15.00  Perjalanan - Medan (Singgah di Dewi/theme park)
 15.30  Menuju hotel, chek in di hotel : JW MARRIOT - Medan
 16.00  Keliling kota Medan
   - Istana Maimun
   - Bolu Meranti
   - Dll
 20.00 - 22.00  keliling malam di Medan (Makan malam + durian)
 23.00  Istirahat

Paginya kami sarapan di hotel :

Berjalan menuju resto tempat breakfast

Suasana saat breakfast

Siangnya sebelum chek out kami sempatkan sekali lagi mengelilingi Taman Simalem Resort, salah satunya menuju one tree hill. Bukit tertinggi dengan angin yang menderu2 :

Ity dengan latar Danau Toba yang indah

Mung dengan latar Danau Toba yang indah

Pung dengan latar Danau Toba yang indah

Angin yang menderu, membuat susana sangat dingin

Ity dan Mung berkibar2 ditiup angin kencang

We are in action.....

Setelah berangin dan berdingin ria di one tree hill, kamipun menghangatkan diri dengan minum bandrek dan makan pisang goreng keju di resto :

Nge bandrek dulu untuk menghangatkan badan

kemudian siangnya kamipun chek out untuk menuju kota Medan. Kami sempat shalat Jumat di Berastagi sekaligus makan siang.
Menjelang Maghrib, akhirnya kamipun sampai di hotel JW Marriot Medan - Tempat kami berencana menginap malam ini.

Suasana kamar di JW Marriot Medan

Pesanan room service kami dan mung sedang santai

Malamnya karena badan yang kurang fit, kami memutuskan untuk makan malam di kamar. Kamipun memesan room service, kwee Tiaw dan lontong medan yang kesohor.
Malam itu kami istirahat dengan nyenyak.

Hari ke 8. Perjalanan terakhir (Medan -Jakarta)

27-Des-14  Sabtu        8  06.00   Sarapan
 07.00 - 08.00   Berenang
 09.00   Persiapan packing barang
 10.00   Chek out
 10.00 - 14.00   Keliling kota Medan (Rumah kak Sri)
 12.30   Makan siang di Ayam Goreng Pemuda - Beli oleh2
 14.00   Ke toko Tip Top
 15.00   Menuju Bandara
 17.00   Sampai di Bandara Kuala Namu - Medan
 18.00 - 20.25   Take off menuju Jkt
 20.25   Sampai di Bandara S Hatta - Jakarta
 21.00   Naik taxi ke Bekasi
 23.00   Sampai di rumah - istirahat

Hari ini adalah hari terakhir kami di Sumatera utara. Pagi2 kami isi dengan berenang dan foto2 di kolam renang JW Marriot. Kolam renangnya di lantai atas dengan type infinity pool. Sambil berenang kita dapat melihat pemandangan kota Medan dari ketinggian :

Kolam renang Infinity pool JW Marriot

Ity di kolam renang JW Marriot - Medan

Ity in action di kolam renang

Ity dan mumung bersantai sejenak

Mung santai memandang kota Medan

Tak lama kemudian bude Sri berkunjung ke hotel sambil membawa sarapan lontong Medan yang terkenal, pedas dengan kuah tauconya. Terima kasih budeeee.......
Setelah sarapan dan leyeh2 sejenak, akhirnya kamipun bersiap2 chek out. Kembali di jemput oleh pak de Wandi kami diantar membeli oleh2 Bolu gulung Meranti dan Bika ambon :

Ity di Bolu Meranti

Untuk makan siang kami diajak makan siang Soto Medan. Dan karena pesawat kami berangkat jam 06 sore masih ada waktu untuk jalan ke Istana sultan Deli  Maimoon - Medan.

Kami di istana Maimoon

Dari istana Maimoon, kami shalat terlebih dahulu di mesjid Raya Medan, sebelum akhirnya diantar ke Bandara Kuala Nammu. Bandara Kuala Nammu adalah Bandara baru yang cukup besar dan canggih, suasananya mirip2 di bandara Changgi - Singapura.
Pengaturan di bandara juga cukup tertib, ketika kami mencari porter di sini tidak ada porter ataupun calo, sehingga semua harus kita bawa sendiri, walaupun tidak ada masalah karena disediakan kereta dorong untuk membawa barang.
Akhirnya, sekitar pukul 18.00 kamipun take off dan meninggalkan Sumatera Utara, kembali menuju Jakarta. Home sweet home.....

Kami balik ke Jakarta pada Sabtu,  tgl 27 Des 2015, dan beberapa hari sesudahnya kesehatan saya menurun, yang akhirnya seminggu kemudian menerima vonis harus  CUCI DARAH/HEMODIALISA oleh prof dr Suhardjono di RS Carolus - Jkt pada 06 Jan 2015.
Sampai saat ini saya menjalani cuci darah seminggu dua kali, tapi keinginan untuk terus jalan2 bersama keluarga tidaklah pupus.
Kondisi GGK (Gagal Ginjal Kronis) membuat stamina dan kondisi saya cepat menurun. Tapi dengan segala keterbatasan, semangat saya tidak pernah pudar. Tiga bulan sejak vonis cuci darah, dengan CDL masih terpasang dileher, kami sekeluarga sudah jalan2 kembali ke Bali (Berikutnya akan saya ceritakan di blog ini) pada awal April sehubungan Hari ulang tahun saya 13 April. Walaupun akibatnya sepulang liburan akhirnya saya harus masuk /rawat inap di RS selama 1 minggu karena drop akibat kecapekan. Sehingga Ulang tahunnya dirayakan di bed HD RS Hermina Bekasi.

Pertengahan Mei 2015 ini, kembali kami merencanakan perjalanan pulang kampung ke Padang/Payakumbuh (Kampung istri saya). Bukannya saya tidak kapok dengan pengalaman drop sepulang dari Bali, tapi belum tentu saya bisa melakukan perjalanan2 ini nantinya.

Masih ada beberapa keinginan saya yang sangat ingin dilakukan yaitu :
1. Mendaki Gunung Semeru --> Target : sampai Ranu Kumbolo
2. Mendaki Gunung Rinjani
3. Liburan bersama keluarga ke New Zeland
4. Umroh

Insya Allah, sebelum ajal menjemput, semua keinginan dapat tercapai.