Senin, 27 April 2015

JALAN - JALAN KE SUMATERA UTARA Bag 1

PULANG KAMPUNG KE PEMATANG SIANTAR

Udah lamaaaa banget nggak nulis..... Berikut perjalanan pada akhir 2014, yang kami isi dengan liburan keluarga ke kota Pematang Siantar. Kota kelahiran ku 43 tahun yang lalu...... !!!

Sebelumnya (sebulan sebelumnya-Nov 2014) aku sudah pernah posting Eterniety (rencana perjalanan), dan sekarang aku coba mencocokkan dengan realisasinya :
Berikut adalah jadwal yang telah disusun vs realisasi :

20-Des-14 Sabtu       1  04.30 - 05.30  Bangun subuh, siap2 menuju Bandara (Naik taxi)
 07.00  Sudah di Bandara S Hatta (Sarapan Mc D di bandara).
 08.00 - 10.20  Take off dan otw (+/- 2,5 jam)
 11.00  Sampai di Medan. Dijemput bang Wandi - Langsung menuju Siantar
 11.30 - 14.00  Perjalanan Medan - Siantar (Makan siang burung goreng di Bangun)
 14.00 - 15.00  Sampai di rumah Bang Wandi, istirahat
 15.30 - 17.00  Sore Jalan2 keliling Siantar
 1. Ke Rumah Bang Saidi + keluarga GOR
 2. Makan misop kerang (Taman bunga + Lap Simarito)
 19.00 - 21.00  Cari makanan malam di pajak Horas (Kerang rebus, Mie keling)
 21.30  Istirahat, tidur di bang Wandi (Malam 1)

Hari ke 1 (Jakarta - Siantar):

Perjalanan hari pertama berjalan baik, kami sekeluarga bangun pagi2 dengan exciting dan menuju bandara subuh2 naik taxi Blue Bird. Perjalanan menuju bandara Kuala Nammu, kota Medan juga lancar menggunakan pesawat Lion air JT 394. Hanya saja karena suasana menjelang Natal dan tahun baru, bandara sangatlah rame dan antreeee....... Kamu take off pukul 08.20 WIB.

Ternyata di bandara Kuala Nammu kami sudah dijemput oleh rombongan keluarga besar dari Siantar : Bang Wandi, Kak Sri, Kak Titin dan Kak Sum. Sempat terjadi insiden, dimana batterai kamera Nikkon LSR ku tertinggal di Jakarta berikut charger nya, sehingga terpaksa kami membeli batterai baru di kota Tebing Tinggi.
Dari Bandara Kuala Nammu kami sempat shalat dulu di kebun, sebelum akhirnya makan siang yang terlambat, di restoran burung goreng di Bangun. Berikut penampakannya :

Ity dan Pak de Wandi                                                                              Minuman khas Siantar (Martabe)

Kami sampai di rumah bang Wandi di Siantar menjelang maghrib dan istirahat. Malamnya makan malam yang nikmat karena kak Sri sudah menyiapkan makan malam bebek goreng + mpek2. Malam itu kami istirahat di kota Siantar yang terasa dingin dibanding Jakarta.

21-Des-14 Minggu       2  07.00 - 15.00  Keliling Siantar (Pagi 1)
 - Rumah temen2 SMP 4 dan jalan2
 1. Ke sekolah : SD Sultan Agung + SMP 4  + SMA 2
 2. Rumah keluarga si Am
 3. Ke Rumah Kp Banten (Om Encep) + Pak Fauzi + Kasmedi
 4. Makan pangsit Siantar
 5. Naik becak BSA Siantar
 17.00  Sore istirahat. Nginap di bang wandi
 18.00  Istirahat (Malam ke 2)

Hari ke 2 (Siantar) :

Jadwal hari ke dua adalah jalan2 keliling kota Siantar. Pagi2 Bang Wandi sudah stand by dengan mobil Avanza silver. Tujuan pertama adalah rumah Bang Saidi, yang merupakan saudara angkat papah kami dan merupakan saudara terdekat saat di Siantar. Rumahnya di belakang GOR Siantar. Kami kumpul dan bercerita ramai2.
Bang Saidi lah yang dahulu selalu antar jemput kami ke sekolah dengan sepeda nya saat kami masih kecil2. Saat ini kondisi beliau sedang sakit akibat stroke dan ke tuaan. :

Dari rumah bang Saidi, kami mampir ke SMP ku dulu SMP neg 4 di jalan Kartini P Siantar untuk foto2. Karena saat itu gerbang tertutup rapat (hari minggu), kami hanya dapat foto2 di depan gerbang sekolahan   :

Dari SMP Neg 4 di jalan Kartini, kami langsung menuju ke rumah lama kami saat tinggal di Siantar, yaitu rumah kampung Banten. Disini masih ketemu tetangga dekat Om Encep dan tante Wati serta anaknya Delly :

Dari kampung Banten, kami menuju jalan Singa untuk makan siang ke rumah makan mamak si Am, yang terkenal dengan Gulai kepala ikan Patin nya :

Sorenya kami balik ke rumah bang Wandi, dan malamnya kembali keluar untuk makan malam di "Cafe Papi", karena rencananya akan ditraktir makan malam oleh bang Am. Jadilah malam itu kami makan lesehan bersama penuh kekeluargaan  :

Sehabis makan malam, kami sempatkan makan kerang rebus Siantar yang terkenal, kerangnya besar2 dan gurih dengan bumbu kacang + nenas yang menggoda. rasanya 2 porsi besar juga tidak cukup. kalau tidak dilarang istri, saya bisa tambah beberapa kali :

Malam sudah larut dan hujan, kamipun istirahat di rumah bang Wandi.

22-Des-14  Senin        3  06.00   Bangun, sarapan di rumah bang wandi
 10.00   Keliling Siantar
 - Kuliner :
 - Ke kuil Vihara (Patung budha terbesar)
 1. Miramar
 2. Mie gomak + Mie rebus
 3. Kepiting goreng + Kerang rebus
 4. Paten/Asli + Rujak
 15.30 - 17.00   Sore istirahat, siap2 ke Parapat besok pagi
 18.00   Istirahat

Hari ke 3 (Siantar) :

Perjalanan di kota Siantar pagi itu dimulai dari kunjungan ke SMA ku dulu, yaitu Neg 2 Siantar, yang terletak di Jl Patuan Anggi - Parluasan. Banyak kenangan indah selama masa SMA dulu, karena saat SMA aku sempat menjabat ketua PMR dan ketua OSIS :

Kemudian menuju Vihara terbesar di kota Siantar dan foto2. Aku juga baru tahu ada vihara besar ini di kota Siantar :

Kemudian kami makan siang di restoran Miramar, jalan Sutomo dan singgah ke toko Roti ganda yang legendaris, sebelum akhirnya pulang ke jalan Nagur dengan menaiki becak Siantar (BSA) :

Ongkos BSA dari jalan Sutomo ke Jalan Nagur adalah Rp 20.000. Sampai di rumah Bang wandi, kamipun istirahat dan siap2 untuk melakukan perjalanan ke danau Toba keesokan harinya.
Demikianlah kegiatan selama perjalanan pulang kampung ke Siantar. Berikut akan saya ceritakan perjalanan kami ke Parapat - Danau Toba - Samosir dan Simalem - Medan.