Selasa, 22 Juli 2014

TAMAN SAFARI


     Taman safari Indonesia adalah sebuah taman yang berisi hewan2 dan wahana permainan.  Berbeda dengan kebun binatang biasa, dimana hewan nya berada di dalam kandang, di taman safari hewan dibiarkan berkeliaran di dalam semacam zona. Masing2 Zona berisi hewan yang berbeda. Untuk masuk ke dalam zona2 ini kita harus menggunakan kenderaan, bisa mobil pribadi, atau bagi yang tidak datang dengan mobil disediakan kenderaan bus untuk berkeliling. Hanya, kalau dengan bus kita tidak bisa berhenti dan melihat atau memfoto hewan sesuka kita. Selama berkeliling dengan kenderaan kita dilarang membuka kaca jendela, karena dikhawatirkan akan mengundang binatang buas untuk menyerang.


Pintu gerbang Taman Safari Cisarua, Bogor

     Jika masuk dengan kenderaan pribadi, kita harus membayar tiket masuk dulu di pintu gerbang. Biaya tiket sekitar Rp 75.000 per orang belum termasuk mobil. Setelah membayar tiket kita berkendara masuk dan ditengah jalan biasanya ditawarkan untuk membeli wortel yang telah diikat2 untuk memberi makanan kepada hewan2 di dalam nantinya. Harganya sekitar Rp 5.000 an.


Safari Cafe, TSI Prigen Jatim


Akhirnya mobil kita sampai di gerbang zona pertama. Di mana pintu gerbangnya otomastis membuka menutup setiap ada mobil lewat dan juga di bawah melintang kawat2 yang dialiri listrik, yang bertujuan agar hewan2 tidak berusaha keluar.


Gerbang zona kawasan Asia

     Kenderaan kita akan mengikuti jalan beraspal yang berada di dalam taman, naik turun berkelok2. Sementara di kiri kanan terdapat hewan2 yang bebas berkeliaran. Di zona yang ada harimau sumatera maupun singa afrika terkadang harimau ataupun singa berjalan mendekati mobil kita. Tapi lebih sering mereka berkumpul2 di lapangan yang sangat dekat dengan mobil melintas. Sementara di tempat yang ada hewan buasnya ini terdapat penjaga yang mengendarai mobil mengawasi keadaan.


 Lintasan gajah tunggangan


Melintasi sungai buatan yang berisi kuda nil

Hewan2 yang langsung menghampiri kenderaan kita


Jalan yang membelah hutan pinus 


Penjaga yang selalu stand by mengantisipasi masalah

     Zona2 nya terbagi berdasar daerah, seperti zona Afrika berisi hewan2 Afrika, zona Eropah berisi hewan Eropah dst. Untuk wortel yang kita beli di jalan tadi dapat kita berikan ke hewan2 jinak yang menghampiri mobil, seperti rusa, kijang, zebra, entelope dll.











 







Hampir seluruh binatang hutan yang akrab kita lihat di televisi ada di sini, seperti : Harimau, singa, beruang, rusa, buaya, kangguru, zebra, kambing gunung, unta, komodo, jerapah, gajah, kuda nil dll.



Beruang melintas mendekati mobil


Kalo mobil tiba2 mogok, gimana ya ??


Sekumpulan singa sedang beristirahat


Masih berani buka jendela ???

     Setelah berkeliling melihat berbagai hewan2, akhirnya kita keluar dari zona binatang2 dan menuju tempat peristirahatan. Disini terdapat berbagai wahana permainan dan tempat pertunjukan.
Setelah parkir mobil, kita berjalan kaki untuk mengelilingi berbagai wahana dan tempat pertunjukan,
Tempat pertunjukan berisi pertunjukan dari berbagai binatang, misalnya pertunjukan burung, harimau, gajah, beruang, dll. Juga ada baby zoo, dimana kita dapat berfoto dan memegang anakan binatang buas.


Menyentuh dan berfoto bersama Baby Zoo


Untuk pertunjukan burung, ada panggung burung jinak, berupa pertunjukan burung jinak seperti beo, kakak tua dll yang beratraksi lucu dan melibatkan penonton.
Ada juga pertunjukan burung liar, di arena yang terbuka, dimana dilakukan atraksi oleh burung2 liar yang besar seperti elang, rajawali dll. Di mana dipertunjukkan kemampuan burung2 liar tersebut terbang dan menangkap mangsanya.
Untuk pertunjukan gajah, diperlihatkan rombongan gajah beratraksi dan ber akrobat sesuai perintah pawangnya. Bahkan ada adegan beberapa orang yang tidur dan gajah berjalan melewatinya tanpa memijak orang2 tersebut.
Untuk pertunjukan harimau, disediakan kerangkeng ditengah panggung dan dipertunjukkan berbagai adegan mendebarkan, harimau makan, minum susu, berdiri, bertarung dan melompat lingkaran api.
Di taman safari ini kita juga bisa menunggang gajah ataupun unta.



Loket menunggang gajah


     Menunggang gajah


     Selain menonton pertunjukan binatang2 buas, kita juga bisa mengajak anak2 kita untuk bermain2 di berbagai wahana seperti : bom bom car, untang anting, jet coaster, dll.
Untuk Taman Safari Cisarua ada kereta kabel sehingga kita bisa melihat pemandangan taman safari dari atas. Juga ada kolam renangnya.
Untuk taman Safari Prigen, ada rumah hantu, dan kemungkinan di tahun 2011 ini water boom nya sudah di buka.

     Setelah menonton pertunjukan dan bermain di wahana permainan kita bisa berfoto2 bersama anak hewan2 buas seperti harimau, singa maupun orang utan. Tempatnya disebut baby zoo. Selain berfoto2 kita bisa memegang ataupun menggendong anak2 harimau/singa tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar